Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘Tips-Tips’ Category

Tips Belajar Musik

Sangat salah jika terdapat anggapan bahwa musik hanyalah milik para Sangat salah jika terdapat anggapan bahwa musik hanyalah milik para musisi profesional atau akademisi. Hampir seluruh celah-celah kehidupan manusia telah diisi dengan musik sejak beribu tahun lalu. Mulai dari upacara peribadatan hingga gemerlapnya hiburan malam. Kini, ketertarikan masyarakat terhadap musik kian besar. Tak hanya mendengar dan menikmati, minat untuk belajar musik saat ini sangat tinggi.

Namun bagaimanakah sebaiknya, cara mempelajari musik? Ke lembaga pendidikan musik, private di rumah, atau otodidak? Nah, berikut ini tips yang harus kamu perhatikan :

Otodidak vs Akademis ?
Di negeri ini sebagian besar musisi yang sukses dalam industri musik adalah seorang otodidak. Sementara musisi akademis sangat jarang terlihat.

Syarat utama untuk seorang otodidak adalah kemauan keras. Karena untuk mendapatkan sebuah ilmu seseorang otodidak harus “mencari sendiri”.

Berbeda dengan kondisi dalam sebuah lembaga pendidikan. Apa saja yang harus dipelajari hingga tahapan materi yang mesti dipelajari telah disusun secara sistematis. Tetapi sesungguhnya materi yang akan dipelajari oleh otodidak maupun akademis adalah sama. Maka kuncinya adalah pahami dahulu “petanya” agar tidak tersesat.

Lembaga Pendidikan atau Private dirumah bagi yang belajar musik di lembaga pendidikan, tempat kursus, ataupun private di rumah, tentu bebannya jauh lebih sedikit. Karena materi telah dipersiapkan. Sehingga kamu tinggal berkonsentrasi menerima pelajaran yang diberikan. Tetapi perlu diwaspadai, karena tidak semua lembaga pendidikan musik memiliki SDM dan sistem yang kredibel. kesuksesan sebuah proses belajar mengajar tergantung dari tiga faktor: pendidik, anak didik, dan sistem pengajarannya.

Jadi belajar di manapun, asalkan ketiga faktornya mendukung, tentu hasilnya akan memuaskan. Sebelum memutuskan untuk belajar pada lembaga pendidikan tertentu atau seseorang yang dapat mengajar musik, lebih baik tanyakan dahulu tentang silabus pengajarannya.

Misalnya untuk siswa tingkat pemula:
1. Untuk tingkat pemula akan mendapat materi apa saja?
2. Teknik apa saja yang harus dikuasai seorang pemula?
3. Aplikasi dari teknik tersebut minimal diterapkan dalam lagu setingkat apa?

Di lembaga pendidikan ataupun privat dirumah, sama baiknya jika SDM dan sistemnya bagus. Perbedaannya adalah jika di lembaga pendidikan yang telah resmi, kamu akan mendapat sertifikat kelulusan sementara jika privat di rumah tentu tidak. Tetapi privat dirumah memberikan suasana lebih santai. Sehingga berpengaruh pada kenyamanan belajar, yang kaitannya adalah kualitas penangkapan materi oleh siswa.

Nah, mana yang jadi pilihanmu?

Tags Technology , Tips-Tips , Science , Word Success

Iklan

Read Full Post »

Tips Menjaga Lingkungan.!

Semua orang pasti menginginkan lingkungan yang bersih, nyaman, dan sehat. Saat melihat lingkungan yang seperti itu, pastinya perasaan kita ikut senang. Tapi kenyataannya, sulit sekali menemukan lingkungan yang benar-benar bersih dan sehat. Nggak jarang, banyak sampah yang sangat merusak pemandangan. Nggak cuma itu saja, saat musim hujan, air hujan menggenang di mana-mana. Air sungai meluap dan banjir menjadi langganan tiap tahun. Akhirnya, lingkungan yang kotor menjadi pemicu berkembang biaknya nyamuk Aides Aigepty, si nyamuk pembawa penyakit demam berdarah.

Setiap bencana datang, seringkali alam dijadikan alasan. Padahal, kalau kita bisa lebih peduli terhadap lingkungan, permasalahan yang ada tentang lingkungan bisa dihindari, lho. Kalau bukan kita sendiri yang peduli lingkungan, siapa lagi?

Dari Banjir Hingga Demam Berdarah
Banjir menjadi salah satu dampak yang paling terasa dari kerusakan lingkungan. Saat musim hujan datang, masyarakat yang tinggal di sekitar daerah banjir pun menjadi waspada akan datangnya banjir. Bagi mereka, banjir sudah menjadi rutinitas setiap tahun. Dengan cepat, air masuk ke rumah penduduk dan merendam seluruh perabotan rumah. Saat banjir datang, kerugian yang ditimbulkan tidaklah sedikit, harta benda menjadi rusak, pakaian menjadi kotor, bahkan penyakit pun berdatangan.
Menebang pohon sembarangan, bisa dibilang merusak lingkungan juga, lho. Padahal, pohon itu penting untuk menyerap karbondioksida dan menyediakan oksigen bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan meningkatnya polusi udara di kota besar, pohon bisa menetralisir polusi, lho.
Tidak terawatnya lingkungan rumah dan sekitar, juga bisa menyebabkan penyakit demam berdarah mewabah. Banyak masyarakat yang masih kurang peduli dengan lingkungan sekitarnya. Barang-barang yang tidak terpakai lagi seperti, kaleng bekas, ember, dan botol bekas bisa menjadi sarang nyamuk. Begitu juga dengan pakaian yang menumpuk pada gantungan baju. Bimo, pelajar kelas 6 SD di salah satu SD di daerah Depok adalah salah satu korban demam berdarah. Bimo tidak masuk sekolah hampir selama dua minggu karena menderita demam berdarah. “Ternyata, dirawat di rumah sakit, itu nggak enak. Sejak sembuh dari penyakit demam berdarah, aku jadi sering membersihkan kamar.”

Mulai Dari Sekarang, Yuk!
Nah, pastinya jangan tunda-tunda lagi untuk menjaga lingkungan, ya. Banyak cara kok, yang dapat kita lakukan untuk menjaga lingkungan. Kita bisa memulainya dari hal yang terkecil di lingkungan rumah maupun sekolah. Mau tahu caranya? Nih, beberapa langkah-langkah yang dapat ditiru:

1. Jangan membuang sampah sembarangan
Kelihatannya ini merupakan hal yang mudah dilakukan. Di mana saja kita berada, kita harus selalu ingat untuk membuang sampah pada tempatnya. Meskipun di rumah kita sudah membuang sampah pada tempatnya, sebaiknya pastikan juga sampah kita dibuang ke tempat pembuangan sampah bukan sungai. Jangan malu-malu untuk menegur teman yang membuang sampah sembarangan. Kalau sudah bisa melakukan hal ini, pastinya kita bisa melangkah ke tahap selanjutnya.

2. Kerja Bakti
Nah, biasanya setiap bulan, lingkungan RT dan sekolah selalu mengadakan acara kerja bakti. Jangan lupa untuk selalu ikut serta, ya. Kalau membersihkan lingkungan bersama-sama, pastinya lingkungan sekitar akan menjadi bersih, dan bebas dari wabah penyakit.

3. Menanam Pohon
Coba deh untuk menanam pohon di lingkungan sekolah dan rumah. Ajak temanmu untuk bergabung. Setelah ditanam jangan lupa juga untuk menyiram dan merawat pohonnya. Selain dapat membuat rindang lingkungan, pohon juga bisa menetralisir udara kotor, lho. Jadi udara di lingkungan kita bisa terasa segar.

4. Mengikuti LSM
Siapa bilang kegiatan berkampanye hanya untuk orang dewasa? Kita juga bisa ikutan, lho. Nggak ada salahnya, bergabung dengan lembaga lingkungan hidup. Selain bisa berkampanye tentang lingkungan, kita juga punya kegiatan yang positif menjadi duta lingkungan hidup.

Nah, dengan membersihkan dan menjaga lingkungan, pastinya kita mendapat manfaat yang sangat besar, lho. Selain bisa mencegah banjir, lingkungan bersih juga bisa menghindari kita dari wabah penyakit seperti demam berdarah. Ayo, jangan ragu-ragu untuk menjaga lingkungan, ya!

Tags Technology , Tips-Tips , Science , Word Success

Read Full Post »

Kata om Meggi Z, patah hati tuh lebih sakit daripada sakit gigi (aduh, jadul banget seeh!). Tapi yang bener: patah hati tuh lebih sakit daripada nggak patah hati! (He…he…he…, ya iya lah!) Makanya biar nggak sakit-sakit amat, kita mesti bertahan dan ngelupain dia. Caranya?

1. Simpan kenangan2 indahmu
Simpan semua benda yang pernah dia kasih atau punya memori indah waktu masih berdua! Dikarungin, trus taruh di tempat yang selama ini paling “haram” kita jamah. Biar hati kita nggak tergerak buat liat-liat tuh barang-barang lagi! Kalo perlu, dihibahin ke orang aja.

2. Jangan teringat masa lalu
Buat sementara waktu jangan dulu deh pergi ke tempat-tempat pacaran favorit kita berdua waktu masih akur dulu. Lha, kalo barang-barang udah dijauhin, tapi kita tetap main-main ke tempat ini, jadi bernostalgila lagi dong?

3. Lakuin hal-hal yang selama ini dia larang kita lakuin
Misalnya, kalo selama ini kita terpaksa selalu motong pendek rambut karena dia nggak suka cowok gondrong, sekarang panjangin aja. Mau tuh rambut kutuan kek, ketombean kek, sebodo amat!

4. Lakuin hal-hal seru yang paling bisa bikin kita girang
Chatting, main PS, atau main bola sama anak-anak kampung? Terserah! Yang penting ekita happy.

5. Tambah frekuensi nongkrong bareng temen-temen!
biasanya temen tuh lebih tulus daripada pacar. Dan biasanya lagi, temen juga lebih banyak nyenenginnya daripada nyusahinnya. Makanya di saat-saat kritis kayak gini asiknya makin deket sama temen-temen.

6. Jangan menyendiri!
Ngapain sih berkurung di kamar atau pergi sorangan ke gunung dan pantai? Udah kayak anak ilang aja! Hari gini ngilangin patah hati kok pake cara remaja tahun 70-an! Sekarang udah 2004 gitu lho. Pergi dong ke mal, ke cafe, tempat bilyar, atau warung gaul.

7. Jangan curhat sama temen
Emang bener katanya nyeritain unek-unek ke sobat tuh bisa ngurangin beban. Tapi coba deh kita bayangin, kalo kita curhat abis-abisan dengan seluruh perasaan, bukannya malah bisa kebawa emosi ya? Jadi makin susah lupa deh sama dia. So, kalo mulut tetap gatel pengen curhat, seadanya aja ya.

8. Bikin sibuk diri
Man, bayangan mantan tuh paling sering nongol kalo kita lagi bengong. Makanya biar nggak bengong ekita mesti banyak bergerak. Ngebengkel bisa. Lari-lari keliling kompleks sambil ngecengin tetangga boleh. Atau kalo mau yang pake pahala, jadi asisten pribadi nyokap aja. He…he…he….

9. Nulis! Basi ya?
Tapi efeknya lumayan dahsyat lho! Waktu kita nulis cerita, puisi, atau nulis lirik lagu, biasanya perasaan nggak enak yang ngeganjel ikutan keluar tuh. Lha, kalo nggak bisa ngarang, bikin puisi, dan bikin lagu? Ya asal nulis aja, nulis apa lah! (Deeu…maksa sih!)

Tags Technology , Tips-Tips , Science , Word Success

Read Full Post »

Tips Berhenti Merokok

Mengapa anda harus berhenti merokok ?

Demi kesehatan anda sendiri, supaya terhindar dari berbagai penyakit, meningkatkan derajat kesehatan, hidup yang lebih berkualitas dan terbebas dari segala ketergantungan akibat rokok.

Melindungi anak, istri/suami dan orang si sekitar supaya tidak terkena akibat buruk dari asap rokok, karena asap rokok anda memiliki kandungan racun yang lebih tinggi sehingga penghirup asap ini lebih berisiko untuk mengalami gangguan kesehatan akibat rokok.

Fakta Tentang Rokok

Saat ini rokok telah membunuh 4,9 juta orang di dunia tahun 2000 dan di perkirakan menjadi 9,8 juta pada tahun 2020 nanti, artinya orang yang mati akibat rokok di dunia adalah 350.000/bulan, 11.666/hari, 486/jam, dan 8 orang tiap menitnya.

Rokok juga membunuh lebih banyak daripada AIDS, narkoba, kecelakaan, pembunuhan dan bunuh diri.

Perokok di Indonesia saat ini sebesar 62.800.000 juta jiwa terdiri dari 69.04 persen pria dan 4,83 persen wanita.

Menghemat Uang Anda

Anda tidak lagi harus menyisihkan uang untuk membeli rokok, misalnya dalam 1 hari uang membeli rokok sebanyak Rp.10.000, maka 1 minggu menjadi Rp.70.000; 1 bulan Rp.300.000; 1 tahun Rp.3.600.000; 5 tahun Rp.18.000.000; 20 tahun Rp.72.000.000;

AYO BERHENTI MEROKOK SEKARANG JUGA !!!

Berhenti merokok hanya bisa di lakukan dengan niat dari dalam diri perokok sendiri.

Tips Berhenti Merokok:

1.Mulailah dengan niat yang kuat untuk berhenti merokok.
2.Buat catatan harian tentang keburukan merokok.
3.Jauhkan diri dari segala hal yang memunculkan keinginan untuk merokok.
4.Minum atau makan buah, permen atau makanan kecil apabila timbul keinginan untuk merokok.
5.Sibukkan diri dengan aktivitas, olahraga atau hobi anda.
6.Mintalah dukungan orang terdekat dan apabila di perlukan bantuan dokter untuk membantu anda berhenti merokok.

Menurut data yang ada dari 70 persen orang yang berhenti merokok, hanya 5-10 persen yang dapat melakukannya tanpa bantuan, keberhasilan sulit tercapai jika tidak ada keinginan yang kuat, dukungan dari keluarga serta terapi medis yang tepat.

Dibandingkan kokain dan morfin, nikotin adalah sebuah komponen yang kecanduannya (aditif) 5-10 kali lebih kuat menimbulkan efek psikoaktif pada manusia. Beban yang di timbulkan di antaranya adalah turunnya produktivitas, beban ekonomi, sosial, kesehatan dan akhirnya menyebabkan kematian.

Guna mendukung perokok untuk berhenti merokok dan pada akhirnya menekan angka mortalitas yang di sebabkan oleh rokok di butuhkan solusi terapi terpadu yang intensif dengan kemudahan akses.

Tags Technology , Tips-Tips , Science , Word Success

Read Full Post »

Musim hujan telah datang, sebagian orang memandang musim hujan sebagai sebuah berkah, namun tak begitu halnya bagi pemilik mobil, hujan membuat mobil kotor dan tak sedap dipandang mata.

Apalagi jika anda tinggal di kawasan yang rawan banjir dan pasti anda tak ingin mobil kesayangan Anda tergenang air, karena mobil secanggih apapun, sebetulnya tak pernah dirancang untuk tahan air.

Selain itu keutuhan sejumlah komponen, baik dalam mesin maupun komponen penggerak juga perlu dijaga dari ancaman air. Paling tidak sebagai persiapan mobil tak mogok walau terus diguyur hujan atau malahan terpaksa melewati beberapa genangan. Meskipun terkadang pemeriksaan sederhana ini berbuntut kunjungan kita ke bengkel langganan bila memang terdapat beberapa kerusakan serius.

Bukankah lebih baik mencegah dari pada mogok saat banjir melanda atau saat hujan deras menguyur mobil Anda. So, tak ada salahnya kita mencermati dan mengamati trik dan tips bagaimana cara merawat dan membersihkan mobil di musim hujan.

(lebih…)

Read Full Post »

Kamu bukan penyanyi karena suara kamu tidak merdu atau jelek, sebenarnya ada cara supaya suara kamu menjadi lebih merdu yah walupun tidak semerdu para penyanyi yang ada, tapi lumayan kan kalau kita nyanyi didepan teman atau sapa saja tidak terlau jelek kedengarannya.
Bahan yang harus dikumpulkan mudah bagt cuman 4 macan, pkonya simpel deh untuk punya suara yang merdu. Ikuti instruksi dibawah ini :

Yang perlu disiapkan yaitu hanya 2 buah jeruk nipis, kapur sirih, madu dan garam (bahan2nya mudah kan?). Baik kita langsung saja praktekan resep ini, pertama setiap jeruk nipis dibelah menjadi 4 bagian supaya mudah memerasnya dan kemudian diambil sarinya, setelah itu beri kapur sirih sedikiti yang terkahir campurkan 1 sendok madu asli (jgn yang abal2 yah…) serta garam secukupnya.

Ramuan ini diminum seminggu sekali, Anda akan tahu perubahannya kurang lebih satu bulan, suara Anda akan terdengar lebih merdu dibangdingkan sebelumnya.

Yang suaranya sudah merdu dari sananya sekali-kali tidak apa2 untuk meminum ramuan ini agar suaranya lebih indah dan merdu.

Selamat mecoba…

Tags Technology , Tips-Tips , Science , Word Success

Read Full Post »

Pasti sering dengar kata ‘minder’, tapi tahukah kamu artinya?

Nah, minder atau rendah diri adalah perasaan diri tidak mampu dan menganggap orang lain lebih baik dari dirinya. Orang yang merasa minder cenderung bersikap egosentris, memposisikan diri sebagai korban, merasa tidak puas terhadap dirinya, mengasihani diri sendiri serta mudah menyerah.

Sering kali kita lebih menghargai orang lain daripada diri sendiri. Sikap ini membuat kita menjadi “minder” dan bahkan mungkin enggan berinteraksi dengan orang lain.Tentu saja sikap “minder” akan merugikan diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Sebab kita tidak bisa membuat diri kita berharga bagi orang lain dan mendedikasikan talenta ataupun keterampilan kita bagi orang-orang di sekitar kita. Untuk mengatasi sikap minder tersebut ada satu syarat, yakni menghargai diri sendiri.

Minder adalah tipikal orang yg bermental lemah. Mental yg lemah akan merasa selalu tidak aman. Selalu gelisah dan kuatir. Karena kerja otak sudah dipenuhi dengan rasa kuatir, takut dan gelisah tanpa sebab atau disebabkan oleh hal-hal kecil, maka kerja otakpun menjadi lemah dan tidak dapat berfungsi untuk memikirkan hal-hal besar yg bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain.

(lebih…)

Read Full Post »